Tobelo, Tobelo, Tobelo

Tobelo adalah sebuah kota di ujung Pulau Halmahera. Ukurannya kecil bila dibandingkan kota-kota di Pulau Jawa. Ia tak lebih besar dari sebuah real estate ukuran kecil di Jakarta. Ia bisa dijangkau dengan mudah dari Manado langsung dengan pesawat Merpati, mendarat di daerah Kao, sekitar satu jam dari Tobelo.

Ada dua bank di Tobelo, BNI dan BRI, serta sebuah pasar dan terminal angkutan kota yang berantakan. Orang banyak jualan makanan di pusat kota, dari coto Makassar hingga ayam goreng Jawa.

Aku mengenal Tobelo ketika membaca buku Ibu Maluku: The Story of Jeanne van Diejen karya Ron Heynneman. Van Diejen seorang perempuan Belgia yang menikah dengan seorang administratur perkebunan Belanda di Tobelo. Ia tinggal di Tobelo antara 1920 dan 1942. Ceritanya sangat memikat, membuat aku jadi ingin melihat tempat-tempat dimana Van Diejen pernah bekerja dan membangun perkebunan kelapa.

Kini Tobelo adalah ibukota Kabupaten Halmahera Utara. Aku tinggal di Tobelo hampir seminggu November ini. Bicara kesana kemari, keliling kota cuma 20 menit, melihat kampus Sekolah Tinggi Theologia Tobelo dan Politeknik Padamara.

Aku juga bertemu dengan praktis semua orang penting di kota ini -kecuali mereka lagi keluar kota. Entah kenapa, aku suka dengan kota ini, mungkin karena pengaruh pasangan Alexander Davey dan Grace Siregar. Mereka bekerja di Tobelo dan menyewa rumah kayu Minahasa. Aduh enaknya, angin malam menerpa teras rumah. Alex bekerja untuk World Vision Indonesia. Grace seorang seniman, banyak membina hubungan dengan seniman Ternate, Tobelo dan Morotai.

Teluk Kao, dimana Tobelo terletak, pada zaman Perang Dunia II jadi pangkalan armada laut Jepang. Lautnya dalam. Pada zaman perang, ada lebih dari 2,000 kapal perang hilir mudik disini. Sebagian besar ditenggelamkan oleh pesawat terbang Amerika. Ada beberapa haluan kapal masih terlihat di Teluk Kao. Jepang juga membangun lapangan terbang besar dengan tujuh landasan.

Di Tobelo ada beberapa hotel. Aku tinggal di Villahermosa, yang terletak di daerah Wosia. Kamar bersih. Udara bersih. Harga Rp 100,000 per malam. Mereka juga sedia laundry. Pemiliknya, orang Tionghoa Tobelo, Heri Manonata, sangat membantu bila aku mau ketemu orang, naik gunung, snorkelling, naik gunung, cari mobil dan sebagainya.

Aku kira, Tobelo bisa jadi daerah tujuan wisata sing ciamik! Ada laut. Ada gunung. Ada sejarah.

Pusat kota sederhana. Tobelo termasuk kota yang banyak penduduk Kristennya. Aku melihat orang memakai kalung salib dimana-mana. Di pusat kota, juga sering terdengar lagu-lagu disco gereja. Amazing Grace dan Kumbaya rasanya menghantam telinga di pusat kota ini. Pada 1999-2001, Tobelo juga jadi pusat pertumpahan darah Kristen-Islam yang buruk sekali. Hampir separuh kota terbakar habis. Listrik tak menyala hampir empat tahun.

Menariknya, ia cepat sekali bangkit dari keterpurukan itu. Ada suasana terbuka yang wajar. Baik orang Kristen dan Islam mengatakan tak ada yang menang, tak ada yang kalah dalam peperangan itu. Mereka kini belajar untuk toleran satu dengan yang lain.

Ani Sawal, orang Ternate, menjual nasi kuning khas Ternate di pusat kota. Aku suka sekali nasi ini. Ia dicampur bakmi, ikan cakalang masak bumbu dan acar mentimun. Setiap pagi aku sarapan disini.

Hari ketiga, "Cik Ani" cerita pengalamannya saat kerusuhan. Rumah dan restorannya habis terbakar. Suaminya, orang Bugis, Tellong Haji Lombe, meninggal karena stres di Makassar. Anaknya, yang ikut berperang, kena bom dan kaki kanannya cacat. Ia menangis ketika cerita. Cik adalah bahasa Tobelo untuk Ibu atau Madame.

Pada 1980, Cik Ani buka rumah makan "Maro Ona" yang artinya "Sama Saja" dalam bahasa Galela. Dia jual nasi kuning, ikan bakar. Suaminya tukang jahit serta punya 36 becak. Pada Desember 2000, perang di Maluku menjalan ke Tobelo. Muslim lawan Kristen. Ceritanya seram.

Di pasar Tobelo, aku juga terpesona, sekaligus jijik, melihat orang menjual kelelawar. Paniki --masakan kelelawar-- tergolong kegemaran orang Tobelo. Namun cara membunuh kelelawar ini yang bikin aku jijik. Kelelawar hidup-hidup ini diambil dari keranjang dan dipukul kepalanya dengan kayu. Darah muncrat.

Aku juga belanja perhiasan besi putih asal Pulau Morotai. Kerajinan ini terkenal sekali. Besi putih diambil dari bekas-bekas pesawat terbang Sekutu yang dulu ditinggalkan di Morotai sesudah Perang Dunia II.

Pisang montok-montok. Kebanyakan sayuran dan buah-buahan datang dari daerah Galela, utara Tobelo, yang mayoritas penduduknya Muslim. Baik Tobelo dan Galela sebenarnya daerah campuran. Kampung Islam dan kampung Kristen berserakan dan berselang-seling.

Bila bisa naik mobil ke Duma, sebuah daerah yang indah di ujung Danau Galela, kita juga bisa berkunjung ke Gereja Masehi Injili di Halmahera cabang Duma. Namanya, GMIH Nita. Disini ada kuburan massal orang GMIH yang 201 orang mati dibunuh dalam suatu serangan dari Pasukan Jihad pada 19 Juni 2000. Mereka belakangan dimakamkan bersama-sama. Banyak pendatang berkunjung.

Di samping pemakaman ini ada replika KM Cahaya Bahari yang tenggelam seminggu sesudah serang Duma. Ada 100 warga Duma yang hendak mengungsi ke Manado ikut tenggelam. Ini adalah jumlah korban terbesar dalam pertikaian agama di daerah Maluku. Duma kehilangan lebih dari 300 warganya dalam pertikaian ini. Kini kebanyakan warga desa adalah janda dan anak-anak.

Leave a comment

102 RESPONSES

  1. 081913234942

    Saya suka Tobelo dengan keindahannya saudara saya banyak yang finggal di sana namun skarang saya khilangan no hp.nya apakah disini ada yng memiliki saudara atau siapa yang tinggal Di Tobelo deket Rumah makan jombang bs bntu saya

  2. Yany Munir

    tobelo sangat cantik dan mempesona dulu lokasi kantor bupati bautang/tempat saya ambe kasbi deng pisang..ingat masa sekolah dulu dari loloda utara

  3. Semfri Watunwotuk

    kangen halmahera, kangen pulang ke tobelo

  4. Leo

    menurut tobelo itu sudah bagus tapi kita harus membuatnya lebih bagus lagi ok..

  5. JEREMY TINGGINEHE

    Opa saya dari ternate pernah bertugas di Tobelo kepala kantor Duane / Beacukai 1976-1980 dan papa saya tamat di SMA Gotongronyong Tobelo 1980 skarang SMAN Tobelo, banyak skali saudara kami tingggal di tobelo setelah kerusuhan 2000 ada digamhoku, wko, wosia dan dikota tobelo saya merindukan suatu ketika bisa datang di Tobelo. Tuhan memberkati Tobelo

  6. Andreas

    peningkatan dibidang kepariwisataan di kabupaten Halmahera Utara perlu dan sangat di tingkatkan dan pembanya jangan biarkan karena itu adalah aset daerah dan masyarakat halmahera utara umumnya.

  7. Mubarak Pune

    Saya sangat bangga dengan kampung saya sendiri

  8. Gamarmalamo

    perubahan tobelo msh sagat jauh,dengan kabupaten di luar propinsi lain,karena pemerinta dan intansi terkait kurang memperhatikan,dan janji semata.

  9. WmmETTMIIzhnMAK

    wah.terimakasih artikelnya mas novan,sangat mbntameu terutama tentang profile tweaking..yang saya tangkep kalo kita memang menarik dengan berbagai interest kita bisa bikin profil facebook kita menggambarkan menariknya diri kita.bener ngga?sori ya kalo salah :pyang mau saya tanya,apa jumlah friend itu penting?saya biasanya cuma ngeadd orang2 yang kenal dan temenan..kalo memang cuma sebatas kenal saya biarin mereka yang ngeadd.makanya jumlah friends saya di FB ngga banyak2 amat

  10. M,Lojer

    saya suka dngan cerita kamu,menarik untuk di baca bagi pemuda pemuda seluru maluku utara,karna ini sala satu peristiwa yang takbisa di lupakan bagi masyarakat, malifut,kao,tobelo,galela,dan morotai.

  11. A.j.b

    Sungguh hebat kemajuan kota tobelo dan itu patut kita banggakan. Apapun bentuknya saya akan slalu membagakan daerahku yang tercinta. Saya mohon kepada pemimpin nomor 1 daerah tobelo untuk melihat lebih dalam lagi masalah SDM terutama di bidang pertanian dan kelautannya. Masih banyak permainan yg memperpuruk nasib petani. Contohnya: Dibidang pertanian dalam bantuan dari pamerintah, berupa PUPUK, OBAT OBATAN dan bantuan KEUANGAN, petani selalu mendapatkan pemotongan dengan berbagai alasan dan aturan. Dan juga yang saat saya tinggalkan kota tobelo, telah ada KOPERASI simpan pinjam untuk petani. Tapi dengan kehadiran KOPERASI SIMPAN PINJAM ini, sangat merugikan petani. Diberikan aturan barang siapa yg tidak ikut menjadi anggota KOPERASI SIMPAN PINJAM, maka petani tidak dapat bantuan apapun dari kantor pertanian. Untuk pendaftaran menjadi anggota KOPERASI, di pungut beaya cukup besar. KASIHANILAH MEREKA,,,,,,...... Tolong Bpk BUPATI dan Pejabat yang terkait perhatikan Mereka.

  12. A.j.b

    Tobelo yg skarang ini saya lihat masih seperti yg dulu saja,: hanya1/3perubahannya. Peninggalan di kota tobelo sebagian besarnya adalah peninggalan dari tobelo masih kecamata::n

  13. Tarakani

    kalo tobelo mau maju pemerinta atau seluru intansi harus kerja sama atau transparansi supaya masyarakat otbelo galela dll semua semagT JANGAN CUMA PEMERINTA ASAL VBICARA PADA MOMEN POLITIK

  14. Feni

    saya jga orang tobelo,tpi skrg ad magang d"australi,,jdi kota tobelo hrs d"tingkatkan lagi kebersihan lingkungan dan jga tetap jga adat istiadat kota tobelo,,,

  15. Mulyana

    Tobelo memang sangat bagus tempat wisatanya,ceritanya dll....!! Pokonya tobelo is the best.

  16. Stein..

    saya cinta Tobelo seperti saya cinta diri saya sendiri. AROMA PANTAI DAN PEGUNUNGAN yang alami..membuat saya tidak ingin berpisah dari tanah kelahiran saya walaupun hanya untuk sementara saya ada didaerah orang lain...untuk sekola harapan untuk anak daerah banyak belajar dan bangun Tobelo untuk kesejahraan masyarakt kita.....Hotuu...paace.

  17. Herbon.pake Anak Tob

    klo tobelo mau maju,coba bikin suatu monumen kayak monas yang di jakarta...biar orang-orang semuah tahu bahwa tobelo tu ada semuanya....buktikanlah....saya anak tobelo asli,kuliah arsitektur di jakrta...buktikanlah....

  18. Kraif Colling

    Tongone mata - mata nanga berera kokiani hogoana manyawa de ngana berera,........ Hotuuu.....

  19. Hebli Dawowo

    Tobelo, I Love You.....!!!! I Will Go,.....To Tanah Leluhur....!!!! Hotuu.....

  20. Axel Mozes

    i love tobelo

  21. Mawea

    Tobelo Marahai (Tobelo itu indah) itu lah kalimat yang cocok untuk kota Tobelo

  22. Gamba

    tobelo i love you

  23. Alfons BaurongaBabua

    "Tobelo". Jika mengenang Para Leluhur kita ada sebuah kata Pendek namun maknanya dalam dan luas bila disikapi dengan baik. Tobelo dari kata dasar "Ta hi belo huku atau Tobeloho" artinya saya membuat batas, makna lain tiang pembatas. Komitmen Para Leluhur pada saat itu kondisi Tobelo dalam presure/tekanan dari pihak luar. Sungguh luar biasa... Tobelo diberkati Tuhan... Salam...

  24. Alfons BaurongaBabua

    Hotuuu...

  25. Alfons Bauronga-Babu

    Jika dibandingkan dengan daerah lain Tobelo masih muda dan baru penjajakan.Masih banyak hal yang harus dikerjakan di sana. Tapi motivasiku, optimis dan komitmen, bahwa suatu saat Tobelo pasti menjadi yang terbaik. Satu hal yang terpenting adalah kesadaran diri setiap kita yang peduli dengan kemajuan negeri kita tercinta "TOBELO". Hotuuuuuuu...

  26. Alfons Bauronga-Babu

    Makasi buat penulis... Trima kasih terutama buat Tuhan ats kasih-Nya buat daerahku yg tercinta "Tobelo". Buat Para Leluhurku yang telah mempertahankan negri ini (Tobelo) walaupun pada saat itu dalam menghadapi tekanan dari pihak luar. Namun kau bertahan untuk anak2 dan cucu2mu... Mari kita sama2 membangun negri ini (Tobelo) dgan mempertahankan harkat dan martabat, adat Hibualamo. Sgl sesuatu diselesaikan dgn musyawarah untuk mencapai mufakat. Sebagaimana telah dikemukakan oleh Para Leluhur kita.

  27. Sofyan Kayo

    kalo bicara soal tobelo, membuat Q teringat perstiwa 12 tahun silaM. (Pertikaian antar umat beragama). Tak bisa di lupakan. Akh biarkan itu menjadi cerita buat anak cucu kita, ambil saja hikmahnya. Jangan ada dendam di antara kita. makasih buat penulis, yg telah memuat artikel tentang kota tobelo... AkU bangga jadi orang TOBELO.

  28. Rajab Sukardi

    Tobelo. kau bukan cuma indah, ttapi kau juga kaya raya, sepatutnyalah tak cuma di jaga kelestariannya namun juga harus dikembangkan.tobelo memiliki banyak putra2 berpotensi,ayo terapkan dan kembangkan ilmu and keahlian anda demi memajukan pembangunan kota tobelo tercinta. selamat berkarya and salam sejahtera buat sahabat2ku di tobelo. 081957091946.

  29. Rajab Sukardi

    aku turut bangga dengan tobelo. tobelo yang telah memberiku banyak kenangan dan pelajaran hidup. karena cukup lama aku tinggal di tobelo (1983-1990) ' meski aku telah jauh (di Bandar lampung) tak pernah kerinduanku luntur pada kota tobelo. Salam kangenku untuk sahabat2ku, alumnus SMA Negeri Tobelo angkatan 89.juga salam hormatku untuk bapak/ibu guru, terutama Bapak PH. Thomas and ibu Eny Malikidini. smoga di suatu waktu aku bisa kembali ke tobelo lagi.

  30. Faren Sadou

    Tobelo sbgai ibu kota kabupaten kelapa tapi tdak ada salah satu gambar yang mendukung bahwa hal tersebut benar...

  31. Rizmon Josias Me

    tulisan ini sangat apresiatif, mudah2an saya bisa ketumu dgn penulis ini..trism sdh mnulis daerh saya.

  32. Marshal Larenggam

    kurangnya gambar pemandangan

  33. Christian Riffo

    Tobelo pling PLING oK...,,^_~. Aku BangGA mEnjaDI anaK Tobelo.,, T4 klAhIrAn q Hebat..!!!

  34. H Muhammad Rofiq, SP

    ku pernah tinggal di Tobelo antara tahun 1990-1995, menjadi guru di SMAN 1 Tobelo, jl bayangkara. Selama di sana paling tidak saya mengenal Tobelo sbg wilayah yang sangat subur, air melimpah, peternakan sapi bagus. Saya juga mengenal makanan nya yang khas Indonesia timur, mulai dari laklampa, bubur manado, bapeda, dabu dabu, air guraka plus pisang sepatu goreng. Di tobelo adaBudaya tarian baronggeng bila ada resepsi pernikahan. Makan ikan laut mulai sotong, sampai cakalang udah menjadi menu sehari hari.Makasih buat Andreas yang telah memuat tentang tobelo,setahuku bank ada 3,dan ada masjid raya,lapangan karianga, gunung ibu yang meletus, ada burung Maleo telurnya besar. Pokoknya tobelo siiiplah. Cuma yang aku agak gamang dg tobelo adalah percikan antar umat beragama. untungnya selama aku di sana tidak sampai terjadi pertumpahan darah. Kini Saya tinggal di desa Pejangganan, dengan isetri Hj Siti Aisyah, dan 3 anak Akbar, salam dan Reisyah. Buat untuk semua warga tobelo, moga tentram, aman, dan makin maju.

  35. Militya Miracle

    nice! udh 3 kali ke TOBELO-PEDIWANG jg ga prnah bosen . hebat!

  36. Nur Ayu

    wOow... i Like it.. jdi ini tobelo tmpat tugs my love,,

  37. Susantri N (tobelo)

    Tobelo keren...like thise s'mga k'depannya tblo b'sa lebih baik lagi....!!

  38. Mariane Pattiwael

    tobelo memang kota yg sangat ini....... saya sendiri bangga menjadi anak tobelo... makasih mas udah mau mempublikasikan kota Tobelo. ini juga sseharusnya menjadi tanggung jawab buat kita semua yg mengaku sebagai anak daerah... karena tobelo yg mempunyai banyak sekali potensi yang ada (objek wisata & budaya nya, maka kita sebagai anak daerah harus mau untuk mempublikasikannya kepada orng2..org lain saja mau menulis/ mempublikasikan kota tobelo, jadi mengapa kita sebagai anak asli daerah tidak berusaha untuk meberikatuhan kpda orang2 tentang keindahan dan keunikan dari kota Tobelo yg tercinta....??????????

  39. JoeL Ternate

    oke sih tulisanX ... tpi klo lebih lama di tobelo,pasti lebih asik ceritaX nech.... thanX da promosi maluku utara,khususX tobelo.

  40. JoeL Ternate

    oke sih tulisanX ... tpi klo lebih lama di tobelo,pasti lebih asik ceritaX nech.... thanX da promosi maluku utara,khususX tobelo.

  41. AFLAN KAMBOSE

    NE NO HP SY 085241558163 YG PENGEN KNLAN SILAHKAN HB SY.TUKAR INFO TENTANG KOTA TOBELO

  42. AFLAN KAMBOSE

    SY LHR D KNDARI TP MAMA ORG TOBELO SY BSR D PALU TP PRNAH K TOBELO BNYK KENAGAN YANG TAK BS DI UPAKAN INGIN LG K SANA TP KSEPATAN BLM ADA KAMPUNG SY D TOBELO KAMP GURA LM KENAL BUAT SMUA ORANG TOBELO

  43. H Muhammad Rofiq SPd

    Aku pernah jadi guru di sma negeri tobelo jl bayangkara dekat lapangan bayangkara antara tahun 1990-1994. Aku terkesan atas air rang melimpah dan tanah yang subur. Aku pernah tinggal di gamsungi dan kadang lihat bioskop sama teman guru dari jawa, bahkan kalau hari minggu kadang diajak penduduk setempat pergi ke kebun bakar jagung dan kasbi lalu minum air kelapa muda duh sadaap.Aneka makanan pernah saya rasakan seperti laklampa, bapeda, dan bubur manado Dan aku sangat terkesan dengan keindahan pulau kumo ,bisa berenang yang kala hujan airnya hangat dan banyak bintang kautnya, sambil bakar kasbi, jagung lalu minum air kelapa muda. Salam buat teman guru pak Suwarno tongo, adhan alim, titirlolobi, wotunwotuk guru fisika,gusfiwendri, dan engku PH Thomas. Salam pula teman dari jawa dan ujungpandang: tarmo, imam, husen,joko, dll. Harapan saya moga kerukunan dan toleransi antar agama dapat dibina dg baik , dan apa hotel pantai indah masih ada? dari h muhammad rofiq SPd MM, gresik HP 03170751964

  44. Ammar Hi Habib

    Tobelo... merupakan salah satu kabupaten yang sangat pesat pertumbuhan ekonominya... karena pengalaman atau informasi yang saya dapatkan bahwa dari beberpa kab/kota dalam propinsi maluku utara.... Tobelo merupakan salah satu kabupaten yang sangat cepat pertumbuhan ekonominya.... banyangkan saja sudah mulai dilihat dari srtuktur tata kota maupun perkembnagannya... dilihat dari pembangunan hotel-hotel... dan infrastuktur lainya seperti jalan umum.... dan masih banyak lagi... akan tetapi yang menjadi tobelo itu indah dan berkembang adalah kita sendiri yang harus mejngaga sendiri... sebagai anak canga....!!!! bangkit istana ku tobelo marahai...!!!

  45. Riwin Rawung

    TobeLo slalu ada... untukq n tobelo is the best......:)

  46. Sri I. C. Hahamu

    aq bangga dengan cover dan sejarah dari kota Tobelo yang telah anda tampilkan. tapi aq ingin tahu lebih banyak lagi mengenai eksistensi kota mungil nan indah nun jauh disana, seperti halnya adat di daerah setempat juga adat perkawinan. Yeah!! waooo,,,this is so great!

  47. IMeL

    ToBeLo iS tHE bEsT,,,

  48. Semfri Watunwotuk

    rindu skali ingin pelang ke tobelo kotaku tercinta........

  49. Vegy Arman

    aku pNgen bnGet dteNg ke toBeLo. apaLagi ngeLiat sUasana d sana. kaLo akU ksana,pasti aku bahagia bngetzzz..... smoga ajah gua ksana....ammiiieennn

  50. Dedi Popoko

    Tobelo adalah kota yang indah jika dilihat dari sisi keindahan,namun sebaliknya Tobelo adalah salah satu kota yang kotor jika dilihat dari sisi Pemerintahannya.Pemerintah Daerah sendiri dengan kelakuan yang kotor,membuat nama Tobelo menjadi kota yang kotor.

  51. Fendy Djafaar

    Sejak umur 1 thn hingga lulus SD, saya menghabiskan masa kecil di Tobelo, 4 orang adik2 saya semuanya lahir di Tobelo, sejak thn 1977 hingga sekarang kami sekeluarga menetap di Jakarta namun kenangan masa kecilku hingga saat ini tidak pernah bisa hilang dari ingatanku, thn 1999 kami sekeluarga pernah liburan ke Tobelo untuk mengunjungi keluargaku (Tjan), saat itu Tobelo telah banyak berubah.... saya berkeliling kota Tobelo dgn berjalan kaki menyusuri tempat2 bermain diwaktu kecil,....saat ini yang selalu kami ingat adalah tobelo saat thn thn 1966 - 1977, saya masih tetap berkeinginan sekali waktu akan berkunjung lagi ke Tobelo untuk mengunjungi keluarga dan teman2ku semasa kecil....

  52. Roby

    iku omak kalian du komentar..............

  53. Suhadi

    Yah aku juga sangat bangga dengan tobelo...aku merasa puas tinggal ditobelo yah walaupun hanya 2 tahun. Tapi aku merasakan betapa ramahnya orang tobelo.

  54. Doank

    betul sekali kawan kalau dilihat kemajuan halut/tobelo dari sisi pembangunan atau yang lain-lain ini hanya terlihat bagian selatan tobelo lah yang lebih cepat dibanding bagian utara tobelo,,nah ini sebenarnya kenapa dan apa kendalanya dibagian utara tobelo,,,,,? pantaskah tidak ini dipertanyakan,,,,,,,,,???

  55. Boechy

    betul sekali tobelo/halut adalah kabupaten yang paling terkaya dimaluku utara terutama potensi yang begitu besar,tapi sayangnya itu hanya sebuah simbol yang pada kenyataannya rakyat halut selalu merindukan akan keadilan dan kesejahteraan mereka dibawah rejim HEIN NAMOTEMO sebagai jikono,,,,,,apakah ini pantas sebagai satu kebanggan untuk rakyat halut,,,,,,,,,????

  56. Morotala

    kemajuan tobelo diseluruh aspek kehidupan terletak pada semua pilar bangsa bukan pada suku,golongan atau agama. tetapi semua perbedaan adalah kekuatan dan senih yang indah untuk membangtun halmahera utara yang maju.mari kita berpikir global untuk membangun halmahera utara. pikiran yang tara-pake-pake kase tinggal, sebab itu penghalang katorang maju.auyee dan hotuyeee itu kita gelorahkan..ya..?

  57. Morotala

    masih ada warga halmahera yang sakit.sehingga bertanya apakah tobelo itu kota kristen? seperti pertanyaan biongo (byon)itu.pikiran seperti ini adalah orang-orang yang hanya perpiir diri sendiri.Tobelo itu milik anak bangsa di halmahera yang menjadi pusat ibukota kabupaten. bukan kota kristen.

  58. Dhin

    ada yang meyatakan bahwa perbedaan itu indah.bagi saya keindahan tobelo tdk hanya terletak pada sisi keindahan alamnya,tapi pada sisi kepercayaan\agama.jadikanlah perbedaan sebagai kesatuan yang utuh.ada yang menyatakan perbedaan itu indah.,betulkah....

  59. Byon

    Tobelo itu kota Kristen ya? Orang Islan di usir semua kah?

  60. Putri Tobelo

    tobelo sdh bagus, tapi alngkah baiknya dibenahi lagi sistem pariwisata dan ditingkatkan lagi exposenya keluar... banyak teman-teman yang pengen tau lebih banyak tapi info yg didapat di internet kurang akurat... trasnportasi kao-mndo, gll-mdo, dll itu harus benar2 dipastikan jadwalnya biar para wisatawan bisa mengatur jadwalnya dengan baik.. tks

  61. Rendi

    betapa malu saya ketika mengetahui bahwa ada orang di luar sana yang sangat memuji dan menyanjung keindahan daerah ku. tetapi sebagai putra daerah hingga sampai saat ini aku belum mampu berbuat banyak.. walaupun demikian tetap saja,, ada kerinduan yang berkobar-kobar untuk berbuat sesuatu untuk daerah yang ku cintai ini... mari torang samua satukan hati & tekat untuk membangun Halut dan memperkenalkan Halut di mata dunia...

  62. Raden Hatibin

    buat pariwisata halmahera utara,,tangung jawab kalian sangat besar..ini masukan dari saya..benahi rumah sebaik mungkin(tourism objeknya),,,baru berpromosi..jangan sampai tourist yang berkunjung menyesal..karena tourism halmahera cuma bagus di promosi,,kendala utama adalah belum banyak sarana - sarana penunjang pariwisatanya seperti akomodasi,transportasi,dan msaih banyak lagi..

  63. Tono

    Tobelo Kota Hancur wkwkwkwkwkwkw

  64. Alan

    Dear... All Mohon di informasinya untuk hal ini 1. kira kira ada berapa banyak toko yang ada di TOBELO dan sekitarnya 2. dengan kualifikasi seperti Minimarket, supermarket. dan toko2 kecil lain nya... ini dikarenakan saya belum mensurvey ke Tobelo dan saya ingin ber investasi disana. dan untuk itu saya ingin infonya agara saya bisa meng estimate Benefid yang akan saya dapatkan di sana.. mohon bantuannya... salam Alan .

  65. Rajab Sukardi

    Tobelo bukan cuma indah, namun kaya raya.banyak sekali aset daerah yang dapat mendukung pembangunan di kota tobelo.kekayaan alam terutama hasil lautnya berlimpah.Bila pemerintah daerahnya jeli dan lebih giat dalam mempromosikan HALUT Trutama KOTA TOBELO -NYA,Saya optimis jika di tahun2 mendatang Tobelo sudah menjadi sangat terkenal baik di kancah nasional maupun internasional.DAN tidak menutup kemungkinan para wisatawan yang tadinya hanya tahu bunaken kemudian akan mencari tahu di mana letak taman laut yang eksotis di halmahera utara.

  66. Rajab Sukardi

    TO Mrs. Edha Thomas. gmn kabrnya ,lama ga ada brita nich ,kase nmr tlp. pa torang kah. rencananya akhir thun ini aku mo ke tobelo.

  67. Rajab Sukardi

    meski saya terlahir bukan sbagai anak halmahera asli namun dlm hati kecilku aku adalah anak halmahera.Sedari kecil hingga menginjak dewasa aku di halmahera .AKU rindu dan cinta halmahera . HALMAHERA yang indah &kaya raya , . Halmahera adalah anugerah dari Tuhan yang tak ternilai harganya. Mari kita pelihara kelestariannya& kita bangun demi kemakmuran masyarakatnya.

  68. Jefry

    saya lg kagen ama tobelo tepatnya gamsungi karena alamat temen2ku hiiiilang... mama yeri,mama ona,pak nos,kete dan sahabatku roby,steni badar. pada waktu sekolah di tobelo pindahan dr manado,amurang

  69. Supardi

    saya bangga dg kota tobelo.baik dr segi keindahan maupun keramah tamahan warga tobelo,kao,luari,gamsungi,galela bahkan sampai toliwang. yg dulunya konflik sekarang menjadi hidup berdampingan antar suku dan agama. akan ku kenang slalu tobelo. walaupun jauh di mata dekat di hati,aku rindu padamu...satgas marinir 2002 asli wong jowo

  70. Putra Tobelove

    Tenkz tu Anderson Harsono. saya putra tobelo sudah 29 tahun hidup di perantauan yang sampai sekarang baru ketahui perkembangan tobelo dan belum ketahui perkembangan tobelo sekarang,kalau ada waktu untuk menulis saya menunggu cerita selanjutnya,go0od Luck tobeloQ go0od Luck tu Anderson Harsono...

  71. Swidodo

    th 1993 sampai 2000 aku tgs di halmahera .Awal di malifut trus di tobelo .Tobelo mmg mantap.Banyak kenangan yg indah.Namun jg menyedihkan.Salah seorang tmn seperjuangan ROBIN PRASETYO hlg bersama kapal cahaya bahari.kini aku tlh pindah ke pulau jawa.Tapi tobelo tak akan pernah kulupakan.Pantai halmahera yg indah selalu kurindukan.

  72. Ater Tjaja

    surga di Maluku Utara!

  73. Subhan

    Dear Teman-teman, Saya lagi nyari calon karyawan baru untuk jadi FSS (Field Sales Supervisor) di area Ternate - Tobelo. Laki2, maks 35 thn, min D3 jurusan apa saja. Bila ada yg berminat kabari saya di recruitment@deltajkt.co.id

  74. Selfy Sohwat

    saya pengen banget balik ke tempat saya lahir ya mau gimana lagi nuntut ilmu di luar,(KOTA SORONG)YA MOGA-MOGA THN DEPAN BOLEH natal bareng opa oma n tman-tman n anak MKCM TAMBA maju TOBELO MARAHAI

  75. Rio

    SAYA SEBAGAI SALAH SATU ORANG YG PERNAH merasakan perang di tobelo sagat senang dgn tulisan ini,semoga perang ini tidak terjadi di masa yg akan datang.semoga saudara yg masi ada maluku utara pada umumnya dapat hidup dgn damai berdampinggan

  76. Hendro

    aku pengen balik lagi k tobelo.. dulu aq cuma sebulan disana... hiks hiks sedih banget pas aq bali.. salam buat cici irene yg tinggal disebelah kompi C tobelo..

  77. Tanel N Bang Dodi

    Terimakasih Bapak Kadis Dinsosnakertras yang mana telah memberikan kesempatan pada kami untuk menutut ilmu yang mana di Tobelo belum ada yang nantinya ada.....doakan aja teman teman yang ada di Dinsosnakertras, agar kami bisa membawa pulang ilmu yang kami dapatkan di YOGYAKARTA...mudah mudahan kami bisa menambah ketrampilan dan kerajinan yang kami dapatkan untuk mengangkat Kabupaten Halmahera Utara menjadi Kabupaten yang lebih maju, lebih berkembang, sebagai obyek Wisatawan dalam Negeri bahkan akan dikagumi oleh Dunia Luar Negeri, sekali lagi kami banyak mengucapkan kepada Bapak Disosnakertras yang telah memberi kepercayaan kepada kami untuk belajar dan belajar demi kemajuan Kabupaten Halut, tunggu hasil dan karya kami yang tidak akan mengecewakan...Maju...Maju...dan berkembanglah Halmahera Utara...Kami Dukung dan Bantu sepenuhnya sebagai Putra Daerah Halut.

  78. Anak Klaten

    Saya sangat senang n bangga dengan kepiawian bapak Kadis Depsosnakertras yang mana telah memberi kesempatan pada anak buahnya untuk belajar dari apa yang belum bisa dibuat putra daerah akhirnya bisa juga dikerjakan (hanya dengan kemauan n mau belajar semuanya akan bisa tercapai)jangan menyerah Tingkatkan terus Bapak mudah mudahan Tobelo akan menjadi Kabupaten Percontohan bagi Kabupaten2 yang lain,...lihat kedepan jangan lihat kebelakang bila Tobelo ingin maju, selangkah demi selangkah pasti akan sampai juga pada TUJUAN yang hendak dicapai...selamat berjuang n Sukses selalu untuk Bapak...

  79. AGUS R

    aku sangat tertarik dg keindahan di tobelo yang masih sangat alami dari obyek wisatanya, perkebunannya, pertaniannya, tapi yang aku suka tata kotanya yg begitu cepat perkembangannya hanya dalam waktu 5 tahun tobelo menjadi kabupaten yang sangat bagus profil seorang bupatinya sangat lihai dalam menata, membuat tobelo lebih maju,tambah saran mudah mudah tobelo cepat berkembang sarana prasarana, infrastrukturalnya, dan menjadi obyek wisata yang sangat menarik, TANPA PERJUANGAN TAK MUNGKIM SEMUANYA AKAN TERCAPAI...HIDUP tOBELO.

  80. M Rizal Ammarie

    saya putra kelahiran tobelo 18 desember 1978, dan sekarang berdomisil di ternate, berimigrasi dari tobelo keternate tahun 1994, hingga sekarang ini dan banyak sekali peninggalan memori saya ketika masi anak-anak kala itu,jujur saja tobelo terkenal di mata dunia karena hasil daripada pertanian kelapa nya, dan lebih utama adalah peninggalan zending di era belanda dulu, dan juga ada satu yang membuat rata-rata orang mau ke tobelo di karenakan tempat refresingnya yang serba alamia, saya dan teman-teman baru balik dari tobelo kemarin tgl 09 oktober, dalam rangka napaktilas ekspedisi ke halut dalam rangka mengingat 15 tahun kita di negeri orang dan perlu kalian ingat tempat refresing yang kita singga tidak pernah ada di daftar pariwisata, dan hal itu atas kemauan saya guna menjadi salah satu memori tersendiri bagi saya dan teman - teman saya, contoh kecil pantai di jazirah tobelo selatan ke daerah malifut hanya sebagian kecil saja yang masuk di agenda pariwisata, terus di daerah lopon galela kenapa tidak di lestarikan padahal dia dekat di sekitar telaga biru, jadi ini jadi salah satu tantangan bagi dinas pariwisata ok majuuuuuuuuuuuuuu terusssssssssssss halut

  81. Morotai Manyawa

    Tobelo indah dengan Pemandangan, tetapi kacau dengan kebijakan pemerintahnya

  82. Aprianto Siruang

    Siapa yang mau gabung ama Morotai manyawa.. silahkan online ke .. yan_cabu@yahoo.com

  83. Gde

    aku mo ke tobelo ni minggu dpan

  84. Ammar Hi Habib

    aku merasa bangga terhadap kab halmahera utara pada umunya dan tobelo khususnya... yg saya tahu bahwa tobelo merupakan salah satu kab yg perkembangannya sangat cepat dari sektor perekonimian, sosial dan lainya.. di aku saja bahwa sekarang ini tobelo di kenall dengan kabupaten kelapa yg kaya akn kekayaan alam...!! otu ye...!! hidup tobelo. ngohi tobelo mangopa.. asli orang tolonuo.

  85. Andreas Harsono

    Untuk Fendy Duan, buku soal Jeanne van Diejen saya beli di airport, kalau tidak salah, di toko buku Periplus. Ia ada di Jakarta dan Surabaya. Sekarang saya tak tahu bagaimana mengetahui tempat dimana buku itu berada.

  86. Grace

    Tobelo memang top.. Sekarang kita lagi ditobelo.. Aduh so ingin pigi kumo

  87. Jenklif Lalumba

    Sio... olo tobelo, kita lahir di Desa Waijoy (haltim),basar di efi-efi skrg ini di bandung so 3 thn blm plng kmpng,so rindu skli deng pante kumo kong ba bakar ikan di sana,tempo apa olo.. kita bisa plang kmpng,wlpn di bandung tpi salalu iko perkembgan halut, salam pa orang-orang tobelo di manapun ngoni tinggal deng khusus yg ada di tobelo,mari kitong bangun halut sama-sama untuk kemajuan deng kesejahteraan halut khususnya deng halmahera umumnya supaya bleh di kenal d slruh indonesia bahkan Dunia.TUHAN YESUS berkati. Hotue,.,.hotue ... ye

  88. Jaka

    tobelo memang oke

  89. Dhae

    Tobelo memang oke.

  90. Zha Q La

    ck...ck..ck.. memang sejra tobelo bagus... tara manyasal tha jdi orang tobelo hehehe kidding.. memang harus bangga jadi orag tobelo,kekayaan alam yang memikat serta budayanya sangad has.., dengan artikel seperti ini kta bisa mengenal lebih jauh budaya qta.. cyahyo...halut hotu hotu yeaaa

  91. Yulike Togolo

    Tetap maju Tobelo,,,, biar jauh dimata tapi selalu dekat di hati,,,,, saya sangat rindu Tobelo dengaN kEINDAHAN alaMnya,,,, ToBELOqU,,,alamKU,,,tETAplah MeNJdi YANG teRbaIK,,, GBU

  92. Erwin_TUKURU

    Tobelo, kota kecil yang indah dengan alamnya...gunung,tanjung,lautan dan pulau-pulau kecil yang indah selalu membuat saya rindu...ya saya rindu sagu,ikan bakar,dan dabu-dabu, yang tidak saya temui di tempat lain tobelo kau tepat di hati.love u.....

  93. Fendy Duan

    @ Praja Aska makasih infonya

  94. Praja Aska

    untuk Fendy Duan : anda bisa mendapatkan buku tersebut di www.bukabuku.com harga buku 95.000, sebelumnya anda harus daftar di web tsb. tpi sepertinya buku tsb berbahasa inggris.

  95. Feally Mairuhu

    thanks ya,, saya sangat bangga anda menceritakan ttg tobelo,,,sebagai orang tobelo saya juga tidak hanya kuliah saja d jgj tapi saya jg sering mengangkat nama tobelo di orang2 sekitar saya yang kebetulan tidak tw betul tentang tobelo,,jd marih sebagai putra daerah banggakan terus citra tobelo sebagai aset yang tak terbaharui,,,thans GBU

  96. Fendy Duan

    Pak Andreas bilang: "Ibu Maluku: The Story of Jeanne van Diejen karya Ron Heynneman. Van Diejen seorang perempuan Belgia yang menikah dengan seorang administratur perkebunan Belanda di Tobelo. Ia tinggal di Tobelo antara 1920 dan 1942. Ceritanya sangat memikat, membuat aku jadi ingin melihat tempat-tempat dimana Van Diejen pernah bekerja dan membangun perkebunan kelapa." saya tertarik dengan buku itu tapi susah didapatkan, 6 bulan yang lalu saya pernah meminta bantuan teman di Bali untuk mencari penerbit buku itu tapi tidak dapat juga..mungkin pak Andreas bisa bantu untuk memberitahu tempat-tempat yang masih menyediakan buku tersebut..thanks

  97. Dodorobe

    ada juga Friendsternya juga tuh *_*

  98. Yanuardi

    saya dah lama publish ini di blog saya http://yankoer.multiply.com tulisannya bagus karena penulisnya juga bagus. enak, ringan dan berisi. kita butuh orang seperti a. harsono di tobelo. biar tulisan2 kita di sana menarik dibaca dan bs lebih go international juga.

  99. Izal

    Thanks bnget, bapak dngan giat memuat artikel tobelo, maju trus, the black pearl in the lips north halmahera, dan sukses.

  100. Lynne Van Bone

    Saya sungguh tersentuh karena ada orang yang mau menceritakan tentang Tobelo,walaupun saat ini pada kenyataannya belum banyak hal yang bisa diceritakan dan dipromosikan dari daerah yang bernama Tobelo.walaupun bukan kota kelahiranku,bahkan saat ini saya tidak berdomisili disana,tapi saya pernah tinggal dekat dengan Tobelo yaitu di Galela,dan saya ikut merasa tersentuh dan bangga ada orang yang mau peduli untuk menceritakan tentang Tobelo khususnya dan Halmahera Utara umumnya.semoga semakin banyak hati yang tergugah untuk menyumbangkan sumbangsihnya bagi bumi Tobelo Marahai dan Halmahera Utara umumnya Tuhan berkati dalam kerja dan usaha Bpk ke depan Maju terus Halmahera Utara GBU